Yuk, Siapkan Bekal Anak dengan Nugget Ayam Homemade

Selasa, 27 September 2016 - 06:12 WIB
Yuk, Siapkan Bekal Anak dengan Nugget Ayam Homemade
Yuk, Siapkan Bekal Anak dengan Nugget Ayam Homemade
A A A
JAKARTA - Bagi para ibu, menyiapkan bekal makan siang untuk anak-anak biasanya memilih bahan makanan praktis dan tentunya disukai anak. Seperti sosis, bakso, dan chicken nugget frozen siap goreng.

Meski hanya tinggal menggoreng dan menyusunnya di kotak bekal, namun makanan cepat saji ini nampaknya kurang baik jika di konsumsi setiap hari. Untuk itu, akan lebih baik jika para ibu membuatnya sendiri, misalnya membuat chicken nugget. Selain lezat, masakan rumahan tentu lebih menjamin kesehatannya.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Yuk, intip mulai bahan-bahan yang digunakan hingga cara membuat Nugget Ayam Homemade dari Foxnews berikut ini.

Bahan-bahan:
450 gram dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit, potong dadu
¼ gelas air dingin
2 sdt garam
2 sdt madu
1 sdt bubuk bawang bombay
1 sdt mustard
1/2 sdt lada hitam
1/2 sdt bubuk bawang putih
1 butir telur, kocok
150 gram tepung terigu (siapkan tambahan tepung terigu secukupnya)
2 sdm tepung jagung
½ gelas air soda dingin

Cara membuat:
Untuk ayam: masukkan ayam ke dalam mangkuk food processor. Tambahkan air, garam, madu, bubuk bawang bombay, mustard, lada hitam, dan bawang putih. Proses dengan kecepatan sedang hingga semua bahan benar-benar tercampur rata dan halus.

Gunakan satu sendok es krim kecil atau tangan Anda untuk menggulung adonan ayam menjadi 14 bola-bola seukuran bola ping pong dan susun di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti atau plastik.

Tutup bola-bola dengan plastik dan tekan hingga adonan ayam memipih dengan ketebalan ½ sampai 1 inci. Simpan di dalam freezer agar adonan bersatu dan beku.

Untuk adonan tepung: campurkan tepung terigu, tepung jagung, garam, merica dan telur yang telah dikocok, kemudian aduk rata. Tambahkan air soda dingin, aduk kembali hingga tercampur rata.

Keluarkan nugget ayam dari freezer. Lapisi nugget ke dalam tepung terigu tambahan, kemudian tepuk perlahan agar tepung tidak menggumpal. Selanjutnya celupkan nugget ke dalam adonan sampai terlapisi seluruhnya, dan susun diatas piring.

Goreng nugget di atas penggorengan berisi minyak panas dengan api sedang-besar selama 6-8 menit atau sampai kecoklatan dan renyah. Tiriskan, teburkan dengan sedikit garam, sajikan hangat dengan nasi putih dan saus cocolan favorit.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6479 seconds (0.1#10.140)